Sabtu, 16 November 2013

6 alur perasaan

Pernah gak kamu sadari 6 hal ini? Ini merupakan tahapan perasaan kamu terhadap seseorang. Apakah berbeda-beda? Gak. Ini hal yang akan pasti kamu lewati. Hanya saja mungkin kamu melompati salah satu tahap dan menuju ketahap berikutnya. Simple nya seperti ini. Ada seseorang yang akan melewati tahap ini secara perlahan, menikmatinya. Ada. Namun ada juga yang gak sabar dan bergejolak untuk melompati satu tahap ke tahap lainnya. Tentu saja ada. Apa sih 6 alur perasaan itu?


   1.   Kagum
Ini tahap pertama. Sadar atau gak sadar kamu pasti akan melewati tahapan ini. Kebanyakan orang sih lebih menyebut 'Cinta Pada Pandangan Pertama'. Cinta. Saya mau ketawa. Bagaimana mungkin kamu bisa menyebutnya cinta kalo kamu saja baru pertama kali atau bahkan melihatnya secara sekilas. Logikanya seperti ini kamu merasakan perasaan yang berbeda terhadap seseorang yang kamu lihat, namun perasaan kamu mencampur adukan sehingga kamu bilang itu cinta. Sadar. Kamu hanya kagum. Mungkin karna fisiknya, atau bisa juga ketika kamu melihat tingkahnya. Alasan bisa bermacam-macam namun pastinya kamu hanya kagum.
   2.   Suka
Intensitas pertemuan semakin sering. Kemudian kamu juga semakin 'cpcp' curi pandang cari perhatian sama dia. Kamu suka dengan dia. Dalam tahap ini biasanya kamu udah 'deket'. Dalam artian kamu udah mengenal dia. Hanya saja kamu sebatas mengenal dia. Gak lebih.
   3.   Seneng
Loh apa bedanya dengan suka? Saya mengartikannya berbeda. Seneng itu adalah perasaan ketika kamu menyukai apapun yang ada di dirinya. Entah itu perkatannya, sikapnya dll. Ini yang memungkinkan ketika kamu bilang *untuk cewek* "Aku gak suka cowok perokok" namun kamu tetap bertahan dengan cowokmu itu. Kamu seneng dan kamu gak perduli dengan logikamu. Inilah bedanya dengan suka. Seneng berada satu tingkat diatas suka.
   4.   Sayang
Ini tahapan yang sangat menyenangkan menurut saya. Namun tahapan yang sangat kontroversial. Ketika kamu sayang dengan seseorang hanya ada dua kemungkinan : Kamu sayang karna udah terlalu sayang atau kamu sayang karna ya kamu sayang (Ini sudah saya bahas di artikel 'Waktunya untuk berpisah') . Pada tahapan ini juga bibit cemburu akan mulai bersemi. Ketika kamu tetap menyuburkan bibit ini tinggal menunggu waktu bagi kamu untuk jatuh dalam jurang kekalahan. Kamu kalah oleh perasaanmu sendiri dan kamu hanya akan merusak semua impian yang telah kamu tanamkan.
   5.   Cinta
Tahapan yang langka. Tahapan yang ingin dimiliki oleh semua orang dan kenyataannya hanya dimiliki oleh sebagian orang. Ketika kamu merasakan cinta, yang harus kamu ketahui adalah cinta yang benar itu bukan 'jatuh cinta' melainkan 'membangun cinta'. Kebanyakan orang menggunakan konsep jatuh cinta dan yang terjadi adalah kebahagiaan semu atau cinta semu. Jatuh cinta hanya memberikan sakit, luka. Jatuh cinta juga indikasi bahwa ada seseorang yang berada diatas untuk menolong seseorang yang 'jatuh'. Ini gak seimbang. Seharusnya yang dilakukan adalah membangun cinta. Membangun bersama-sama, merasakan pahit, manis bersama-sama. Dalam membangun cinta kamu akan tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu akan mengenal dirinya lebih dari siapapun. Dalam membangun cinta kamu akan mengerti tentangnya dan tidak akan mempermasalahkan itu. Jadi ketika kamu bilang kamu udah merasakan 'cinta' yang benar, coba koreksi lagi apakah kamu masih mempermasalahkan dirinya?
   6.   Benci
Satu-satunya alasan saya mengatakan alur terakhir dari perasaan adalah benci adalah karna itu kenyataanya. Mungkin ada yang tidak melalui tahapan ini namun banyak yang terjebak disini. Benci bukan benar benar cinta. Sadar itu hanya plesetan. Benci disini adalah tahapan paling berbahaya. Ini adalah saat dimana kamu tidak menyukai apapun yang dilakukannya. Bagi kamu itu sangat mengganggu. Simplenya ketika dia mencoba melucu kamu hanya akan merasakan itu 'garing' sementara yang lain tersenyum dengan kelucuannya. Kamu udah diambang batas kehancuran. Karna ketika kamu membanci seseorang kamu telah merusak hatimu. Sebelum karam, kembalilah ke arah yang benar.

Hal yang harus kamu tahu, alur atau tahapan tersebut bukanlah urutan. Kamu bisa melompati satu tahapan, bisa cinta terus menghilang tanpa benci, bisa sayang kemudian menjadi benci tanpa cinta. Tentang perasaan takkan bisa ditebak. Hanya saja kamu takkan bisa bilang sayang ketika pertama bertemu atau kamu bilang cinta ketika kamu gak lebih dari 'teman dekatnya'. Semua itu ada prosesnya. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan? Menikmatinya bukan memaksakannya. Nikmati semua alur itu dan kendalikan perasaannmu dengan logika agar nantinya kamu gak jatuh di jurang kekalahan.



" Tentang perasaanmu hanya kamu yang tahu.
Dan
Apapun yang terjadi itu adalah keputusannmu "


Sohibmu, 


Ren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar